• Multimedia adalah penggunaan
computer untuk menyajikan dan menghubungkan teks, suara, gambar, animasi, video
dan audio dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga dapat
menggunakan navigasi dan berkomunikasi. Multimedi sering digunakan dalam informatika
juga diadopsi oleh dunia game dan juga untuk membuat website.
Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai
media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebaagi media kios informasi dan
pelatihan dalam system e-learning
A.
APLIKASI MULTIMEDIA
- Media Player
Media
player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi
dalam bentuk audio dan video.
Ø Windows media player - XMSS
Ø Winamp - Real player
Ø WinDVD - Divx player
Ø Power DVD - Xine
2. Audio /
Video Editor
Video atau audio adalah jenis
perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan mamanipulasi informasi dalam
bentuk video dan audio.
• Adobe premiere pro
• Adobe premiere elements
• Windows movie maker
• Pinnacle studio
• TMPGEnc
3.
Graphis / Image Viewer
Image viewer adalah perangkat
lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada
sebuah direktori. Format image yang telah di dukung oleh aplikasi image viewer,
seperti jpeg/jpg, gift, png, ico, dll.
•
ACDsee
•
Xnview
•
Irfan View
•
Microsoft picture manager
•
Microsoft picture and fax viewer
4.
Graphic/image editor
Image editor adalah perangkat
lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit, dan memanipulasi
image atau gambar secara interaktif pada sistem computer. Perangkat lunak image
editor dimulain dari editing yang sederhana sampai yang kompleks.
•
Adobe photoshop
•
Coral draw
•
Microsoft paint
•
Panit soproh
•
GIMP
5.
Animasi
Aplikasi animasi adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi
informasi dalam bentuk animasi.
•
Macromedia flash
•
Houdini animation software
•
Power animator
6.Graphic
3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D)
adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi
informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi.
Berbeda dengan gambar atau image secara umum dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3
dimensi merupakan reprotensi gambar dalam 3 dimensi 3(D).
•
3D Studio Max
•
Silo 3D modelling
•
Maya
B. Presentasi
Multimedia
•
Presentasi multimedia adalah integrasi berbagai bentuk informasi : teks,
suara, gambar diam, gambar animasi, dan video.
•
Asal multimedia:
•
Presentasi slide 35mm
•
Film (gambar hidup) 70mm
•
Televisi berwarna
•
Teknologi yang digunakan:
•
Capture
•
Editing
•
Authoring
•
Viewer
C. Multimedia
•
Isi (content) multimedia:
–
Text
–
Still Images
–
Audio sequences
–
Motion video sequences
–
Animation sequences
•
Tahap-tahap pemecahan masalah:
–
Recognition
–
Definition
–
Selection
–
Design
–
Implementation
•
Penggunaan Multimedia:
–
Sistem Pengajaran
–
Sistem Pendukung Operasi
–
Produk-produk multimedia (games)
–
Presentasi elektronik
D. APLIKASI
MULTIMEDIA
´ Presentasi bisnis: pemasaran produk
´ Pelatihan berbasis computer
(Computer Based Training (CBT)) : untuk pembelajaran yang menuntut penyajian
secara visual. Cth: cara kerja mesin motor, membersihkan dan menguji busi, dll.
´ Hiburan : program-program permainan.
´ Pendidikan : memvisualisasikan
pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional, seperti
fisika dan matematika.
´ Penyajian informasi: membentuk
ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Penerbitan
elektronis baikdalam bentuk buku ataupun Koran elektronis.
´ Kios interaktif : penggunaan layar
sentuh untuk mencari informasi umum.
´ Telekonferensi : berkomunikasi
(tatap muka ataupun bercakap-cakap) dengan bantuan kamera (kecil) dan sound
system pada masing-masing computer pemakai.
E.
Tahapan Multimedia
F. Jenis-jenis
Presentasi Multimedia
•
Multimedia Slide Shows adalah presentasi multimedia dimana informasi
ditayangkan dalam urutan yang telah ditentukan pada satu slide pada satu saat.
•
Authoring Multimedia Slide Shows:
–
Authoring adalah serangkaian kegiatan untuk menghasilkan produksi
multimedia.
–
Authoring system adalah seperangkat software tools yang digunakan untuk
menghasilkan satu presentasi multimedia.
•
Multimedia Interaktif adalah presentasi multimedia dimana informasi
disajikan secara dinamis, yaitu dapat ditayangkan dalam berbagai urutan yang
berbeda.
•
Navigasi Multimedia Interaktif:
–
Hypertext
–
Linear sequence
Jumps
G. ELEMEN MULTIMEDIA
Ada 5 element multimedia yang mendasar, yaitu :
1) Teks
Teks merupakan elemen dasar yang
memiliki berbagai jenis daya dan bentuk tulisanyang bias memberi daya tarik dan
penyampaian infomasi.
2) Audio
Audio membantu menyampaikan informasi
dengan lebih efektif dan meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan,
serta meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan.
3) Gambar
Statis
Gambar statis merupakan element
paling penting, memberi penekanan secara visual terhadap sesuatu persentasi maklimat.
Yang membatu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan dan lebih menarik.
4)
Animasi
Animasi berperan sebagi penarik
pada sebuah presentasi dan sangat membatu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks
dengan mudah.
5)
Video
Video adalah metode penyaluran
informasi yang amat menarik dan hidup, serta media yang sangat
dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi.
H. Karakteristik
Media Di Dalam Multimedia
Multimedia
interaktif memuat beberapa komponen yaitu, teks, audio, animasi, grafis,
animasi, simulasi, video. Komponen-komponen yang terdapat dalam multimedia interaktif
tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan.
Kelebihan
text di dalam penggunaannya di dalam multimedia pembelajaran :
• Text
dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed).
• Text
dapat digunakan untuk materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus
matematika atau penjelasan suatu proses yang panjang.
•
Teknologi untuk menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana
dibandingkan teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini
juga lebih murah bila dibandingkan media-media lain.
• Sangat
cocok sebagai media input maupun umpan balik (feedback).
Kelemahan
media text :
- Kurang
kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
- Mata
cepat lelah karena menyerap materi melalui text yang panjang dan padat pada
layar
komputer.
Kelebihan
audio di dalam multimedia pembelajaran :
• sangat
cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
• Untuk
materi- materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli dari
materi (misal pelajaran mengenai mengenal suara-suara binatang)
•
Membantu pembelajar fokus pada materi yang dipelajari karena pelajar cukup
mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi
Kelemahan
audio :
•
memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
•
Memerlukan software dan hardware yang spesifik (dan mungkin mahal) agar suara
dapat
disampaikan melalui komputer.
Kelebihan
media gambar :
• lebih
mudah dalam mengidentifikasi obyek-obyek.
• Lebih
mudah dalam mengklasifikasikan obyek.
• Mampu
menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek.
•
Membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
Manfaat
animasi :
•
Menunjukkan obyek dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu obyek)
•
Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan kedalam aliran darah
atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik)
•
Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan
arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
•
Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu
segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Kelebihan-kelebihan
video di dalam multimedia adalah:
•
Memaparkan keadaan riil dari suatu proses, fenomena atau kejadian
• bagian
terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video memperkaya
pemaparan.
-
Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat
gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan
melalui media seperti televisi.
• Sangat
cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
•
Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan
pesan dibandingkan media text.
•
Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu
segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Kelemahan
video :
• Video
mungkin saja kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus mampu
mengingat detil dari scene ke scene.
•
Umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan
melalui text sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam
berinteraksi dengan materi.
Sekian Semoga Artikel ini Dapat Membantu Terima Kasih.
"SELAMAT BELAJAR"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar