Rabu, 21 Agustus 2019

Pengertian Dan Macam - Macam Multimedia LENGKAP Web-Belajar



       Multimedia adalah penggunaan computer untuk menyajikan dan menghubungkan teks, suara, gambar, animasi, video dan audio dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga dapat menggunakan navigasi dan berkomunikasi. Multimedi sering digunakan dalam informatika juga diadopsi oleh dunia game dan juga untuk membuat website.
Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebaagi media kios informasi dan pelatihan dalam system e-learning

A.    APLIKASI MULTIMEDIA
  1. Media Player
                Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video.
Ø  Windows media player                - XMSS
Ø  Winamp                                              - Real player
Ø  WinDVD                                              - Divx player
Ø  Power DVD                                         - Xine

2. Audio / Video Editor
                Video atau audio adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan mamanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
       Adobe premiere pro
       Adobe premiere elements
       Windows movie maker
       Pinnacle studio
       TMPGEnc

3. Graphis / Image Viewer
                Image viewer adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Format image yang telah di dukung oleh aplikasi image viewer, seperti jpeg/jpg, gift, png, ico, dll.
       ACDsee
       Xnview
       Irfan View
       Microsoft picture manager
       Microsoft picture and fax viewer

4. Graphic/image editor
                Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit, dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem computer. Perangkat lunak image editor dimulain dari editing yang sederhana sampai yang kompleks.
       Adobe photoshop
       Coral draw
       Microsoft paint
       Panit soproh
       GIMP

5. Animasi
                Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.
       Macromedia flash
       Houdini animation software
       Power animator

6.Graphic 3D
                Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi  dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan gambar atau image secara umum dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan reprotensi gambar dalam 3 dimensi 3(D).
       3D Studio Max
       Silo 3D modelling
       Maya

B.    Presentasi Multimedia
       Presentasi multimedia adalah integrasi berbagai bentuk informasi : teks, suara, gambar diam, gambar animasi, dan video.
       Asal multimedia:                                            
       Presentasi slide 35mm
       Film (gambar hidup) 70mm        
       Televisi berwarna
       Teknologi yang digunakan:
       Capture
       Editing
       Authoring
       Viewer



C.     Multimedia
       Isi (content) multimedia:
      Text
      Still Images
      Audio sequences
      Motion video sequences
      Animation sequences
       Tahap-tahap pemecahan masalah:
      Recognition
      Definition
      Selection
      Design
      Implementation
       Penggunaan Multimedia:
      Sistem Pengajaran
      Sistem Pendukung Operasi
      Produk-produk multimedia (games)
      Presentasi elektronik





D.    APLIKASI MULTIMEDIA
´  Presentasi bisnis: pemasaran produk
´  Pelatihan berbasis computer (Computer Based Training (CBT)) : untuk pembelajaran yang menuntut penyajian secara visual. Cth: cara kerja mesin motor, membersihkan dan menguji busi, dll.
´  Hiburan : program-program permainan.
´  Pendidikan : memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional, seperti fisika dan matematika.
´  Penyajian informasi: membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Penerbitan elektronis baikdalam bentuk buku ataupun Koran elektronis.
´  Kios interaktif : penggunaan layar sentuh untuk mencari informasi umum.
´  Telekonferensi : berkomunikasi (tatap muka ataupun bercakap-cakap) dengan bantuan kamera (kecil) dan sound system pada masing-masing computer pemakai.

E.       Tahapan Multimedia
        

F.     Jenis-jenis Presentasi Multimedia
       Multimedia Slide Shows adalah presentasi multimedia dimana informasi ditayangkan dalam urutan yang telah ditentukan pada satu slide pada satu saat.
       Authoring Multimedia Slide Shows:
      Authoring adalah serangkaian kegiatan untuk menghasilkan produksi multimedia.
      Authoring system adalah seperangkat software tools yang digunakan untuk menghasilkan satu presentasi multimedia.
       Multimedia Interaktif adalah presentasi multimedia dimana informasi disajikan secara dinamis, yaitu dapat ditayangkan dalam berbagai urutan yang berbeda.
       Navigasi Multimedia Interaktif:
      Hypertext
      Linear sequence
Jumps

G.    ELEMEN MULTIMEDIA
Ada 5 element multimedia yang mendasar, yaitu :
1) Teks
                Teks merupakan elemen dasar yang memiliki berbagai jenis daya dan bentuk tulisanyang bias memberi daya tarik dan penyampaian infomasi.
2) Audio
                Audio membantu menyampaikan informasi dengan lebih efektif dan meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan, serta meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan.
3) Gambar Statis
                Gambar statis merupakan element paling penting, memberi penekanan secara visual terhadap sesuatu persentasi maklimat. Yang membatu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan dan lebih menarik.
4) Animasi
                Animasi berperan sebagi penarik pada sebuah presentasi dan sangat membatu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks dengan mudah.
5) Video
                Video adalah metode penyaluran informasi yang amat menarik dan hidup, serta media yang sangat dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi.

H.    Karakteristik Media Di Dalam Multimedia
Multimedia interaktif memuat beberapa komponen yaitu, teks, audio, animasi, grafis, animasi, simulasi, video. Komponen-komponen yang terdapat dalam multimedia interaktif tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan text di dalam penggunaannya di dalam multimedia pembelajaran :
• Text dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed).
• Text dapat digunakan untuk materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus matematika atau penjelasan suatu proses yang panjang.
• Teknologi untuk menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana dibandingkan teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini juga lebih murah bila dibandingkan media-media lain.
• Sangat cocok sebagai media input maupun umpan balik (feedback).

Kelemahan media text :
- Kurang kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
- Mata cepat lelah karena menyerap materi melalui text yang panjang dan padat pada layar 

komputer.
Kelebihan audio di dalam multimedia pembelajaran :
• sangat cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
• Untuk materi- materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli dari materi (misal pelajaran mengenai mengenal suara-suara binatang)
• Membantu pembelajar fokus pada materi yang dipelajari karena pelajar cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi

Kelemahan audio :
• memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
• Memerlukan software dan hardware yang spesifik (dan mungkin mahal) agar suara dapat 

disampaikan melalui komputer.
Kelebihan media gambar :
• lebih mudah dalam mengidentifikasi obyek-obyek.
• Lebih mudah dalam mengklasifikasikan obyek.
• Mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek.
• Membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.

Manfaat animasi :
• Menunjukkan obyek dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu obyek)
• Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan kedalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik)
• Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
• Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Kelebihan-kelebihan video di dalam multimedia adalah:
• Memaparkan keadaan riil dari suatu proses, fenomena atau kejadian
• bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video memperkaya pemaparan.
- Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi.
• Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
• Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media text.
• Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Kelemahan video :
• Video mungkin saja kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus mampu mengingat detil dari scene ke scene.
• Umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui text sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan materi.


Sekian Semoga Artikel ini Dapat Membantu Terima Kasih.
"SELAMAT BELAJAR" 


               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar